Ragam Tempat Wisata Menarik Dieng yang Menawan

Gambar
Dieng, adalah satu kata yang berasal dari gabungan dua bahasa kawi “di” yang berarti tempat dan “hyang” berarti dewa. Jadi, Dieng bermakna daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Di mana Dieng berada di ketinggian rata-rata 2.000 mdpl di atas permukaan laut. Memiliki kisaran suhu 12-20˚C pada siang hari dan 6-10˚C pada malam hari. Pada musim kemarau Juli-Agustus suhu dapat mencapai 0˚ C pada pagi hari dan menimbulkan embun racun bagi tanaman pertanian masyarakat setempat. Suhu udara yang dingin sejuk serta pemandangan dataran tinggi yang indah menjadi daya tarik tempat wisata Dieng.
Berikut tempat wisata Dieng yang sayang jika Anda lewatkan
1. Candi Dieng, sebagai bukti kekayaan budaya peninggalan dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu. Candi-candi ini bernama seperti tokoh pewayangan dan terbagi menjadi Tiga komplek, yakni Candi Arjuna (5 pandawa), Candi Gatot Kaca dan Candi Bima. Terletak di Desa Dieng Kulon, yang masuk dalam kecamatan Batur pada kabupaten Banjarnegara…

Mengintip Resep Masakan Ikan Bandeng Duri Lunak Khas Semarang

Belakangan ini resep masakan ikan bandeng semakin banyak dicari oleh masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga. sebagai salah satu jenis ikan, bandeng memang cukup tenar di lidah masyarakat Indonesia. Tebalnya daging dan mudahnya di dapat menjadi latar belakang bandeng menjadi favorit banyak orang. Luasnya lautan Indonesia dan mudahnya mendapatkan bandeng membuat banyak jenis resep yang berkembang di masyarakat saat ini. Namun ada satu resep yang banyak diburu masyarakat berkat kenikmatan dan keistimewaan yang dimilikinya. Nah jika anda penasaran maka jangan beranjak dari artikel ini yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru bagi anda.

Bandeng duri lunak khas Semarang

Resep Masakan Ikan Bandeng Duri Lunak
Berbicara mengenai bandeng, tentunya anda juga tidak asing lagi dengan Semarang. Salah satu kota besar di Indonesia ini memang sangat terkenal dengan makanan khas yang terkenal sebagai oleh-oleh yaitu bandeng presto atau duri lunak. Tenarnya makanan ini membuat banyak orang penasaran dan ingin mengetahui resep rahasianya. Namun ternyata tidak semua orang mengetahui bandeng duri lunak satu ini, untuk itu tidak ada salahnya menyimak sedikit uraian berikut ini. Bandeng presto sendiri merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Semarang ibukota provinsi Jawa Tengah. Makanan dengan bahan utama bandeng ini memang cukup unik dan istimewa dari tebalnya daging dan dahsyatnya bumbu yang digunakan untuk memasak ikan bandeng ini. Dengan lunaknya duri semakin memberi kenikmatan yang tiada tara ketika menyantapnya yang tentunya akan sangat sulit untuk dilupakan.

Bagi yang pernah merasakannya tentunya sangat penasaran dengan cara mengolah ikan bandeng duri lunak ini. Meskipun banyak jenis resep yang bisa diaplikasikan untuk ikan bandeng, namun resep satu ini tidak kalah tenar dan banyak dicari oleh masyarakat kebanyakan. Mungkin anda juga salah satu penggemar ikan bandeng ini dan ingin mencoba mengolahnya agar durinya lunak, untuk itu jangan lewatkan uraian lengkapnya yang akan langsung kami berikan kepada anda secara lengkap di bawah ini agar tidak membuat anda lebih penasaran lagi.

Bahan-bahan resep ikan bandeng duri lunak

  • 2 kg ikan bandeng segar ukuran sedang atau sesuai selera
  • Air secukupnya
  • 4 butir telur ayam, dikocok lepas
  • Minyak goreng sesuai kebutuhan
  • Daun pisang bagus secukupnya

Aneka bahan bumbu yang dihaluskan :

  • 30 siung bawang merah
  • 15 siung bawang putih
  • 10 cm kunyit
  • 4 ruas ibu jari lengkuas, bersihkan dan parut
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam sesuai kebutuhan
  • 6 lembar daun salam, bersihkan

Tahap-tahap mengolah ikan bandeng duri lunak

1. Tahap awal dalam resep masakan ikan bandeng presto adalah menyiapkan segala bahan dan peralatan yang dibutuhkan ketika memasak
2. Untuk langkah selanjutnya maka pastikan untuk segera membersihkan ikan bandeng yang akan dimasak dengan baik. Hal ini sebagai langkah untuk mengurangi bau amis dari ikan bandeng yang akan mengganggu aroma ketika dimasak kemudian tiriskan.
3. Sembari meniriskan ikan bandeng maka mulai haluskan bahan bumbu seperti daftar di atas hingga benar-benar halus sempurna kecuali daun salam.
4. Setelah bumbu siap maka mulai lumuri ikan bandeng secara merata di setiap bagian hingga seluruh ikan bandeng tertutup dengan bumbu halus tersebut
5. Untuk tahap selanjutnya mulai siapkan daun pisang sesuai kebutuhan di dasar panci presto yang telah anda siapkan tersebut. Mulai masukkan bandeng yang telah dilumuri dengan bumbu satu persatu ke dalam panci. Jangan lupa masukkan juga daun salam di atas bandeng kemudian disusul dengan air secukupnya sebatas bandeng.
6. Setelah semua siap maka saatnya menutup panci presto dan masak bandeng dengan tekanan penuh dengan waktu sekitar 30 menit saja, atau ketika panci mulai mendesis.
7. Setelah matang mulai angkat panci kemudian dinginkan bandeng tanpa membuka tutup panci terlebih dahulu. Setelah benar-benar dingin maka buka tutup panci dan kemudian mulai angkat bandeng satu persatu ke wadah untuk ditiriskan
8. Sembari menunggu bandeng dingin, siapkan wajan dan isi minyak secukupnya. setelah bandeng dingin maka mulai lumuri dengan telur ayam secara merata.
9. Goreng bandeng yang telah berlumur telur hingga warnanya berubah menjadi kekuningan atau kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan.
10. Ikan bandeng duri lunak siap disajikan untuk keluarga tercinta
Melihat berbagai tahapan mengenai resep ikan bandeng duri lunak ini tentunya membuat anda tidak sabar ingin segera mencobanya. Dengan mencoba hal-hal baru tentunya anda akan mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman sekaligus kekayaan akan resep kuliner Indonesia yang tentunya sangat menggoyang lidah.

Itulah penjabaran kami mengenai resep masakan ikan bandeng duri lunak yang dapat kami sampaikan kepada anda melalui blog resep masakan ikan ini. Semoga berbagai uraian di atas bermanfaat untuk anda yang masih penasaran dengan bandeng presto duri lunak khas Semarang tersebut. Untuk jangan tunda lagi untuk merasakan nikmatnya bandeng duri lunak yang semakin nikmat dengan bumbu yang sangat nendang ketika disantap bersama keluarga tercinta.

Referensi : ideresepmasakanku.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Di Klaten yang menjadi target wisatawan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Kamar Hotel Bintang 5

Inspirasi Souvenir Pernikahan Harga 1000 Sampai 2000